Apa itu E-Business dan E-Commerce dan apa perbedaanya akan kami bahas dalam posting kali ini. Yang pertama kita lihat dulu pengertian E-Commerce. Electronic
Commerce atau biasa kita sebut e-commerce adalah penjualan atau pembelian barang dan jasa, antara
perusahaan, rumah tangga, individu, pemerintah, dan masyarakat atau organisasi
swasta lainya, yang dilakukan melalui komputer pada media jaringan. Barang-barang
dan jasa yang sudah dipesan melalui jaringan tersebut, tetapi pembayaran dan
pengiriman barang atau jasa dapat dilakukan pada di akhir atau off-line. Dan pengertian Electronic
Business atau e-business sendiri adalah proses dimana sebuah organisasi atau perusahaan bisnis melakukan
proses tersebut pada saluran jaringan pada sebuah media elektronik.
Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa E-commerce merupakan bagian dari e-business, tetapi E-business tidak terbatas pada pengadaan dan kegiatan penjualan. Berbeda
dengan e-business, e-commerce berkaitan dengan transaksi di mana pemesanan
dilakukan secara elektronik, pembayaran dan pengiriman dapat dilakukan offline maupun online.
- Memperpendek jarak
- Memperluas pasar
- Biaya terkendali
- Efisien
- Cash flow terjamin
Kemudian manfaat yang kedua kita lihat dari sisi konsumen / pembeli, beberapa manfaatnya diantaranya :
- Efektif
- Biaya terkendali
- Fleksibel
- Lahirnya e-business dapat membuka peluang kerja baru dengan pola kerja dan pemodalan yang baru.
- E-business menjadi wahana kompitisi yang sehat antar perusahaan yang mengglobal,sehingga masyarakat juga dapat memilih dan menikmati produk-produk berkualitas dengan harga kompetitif.
Selanjutnya, setelah kita membahas pengertian dan manfaat sesuai dengan fakultas kami yaitu Fakultas Teknologi Informasi kita akan membahas bagaimana pengaruh perkembangan TI terhadap e-Business, apa sih pengaruhnya ? menurut kami pengaruh perkembangan TI terhadap e-Business adalah Perkembangan TI yang semakin maju membuat sistem e-buisness melahirkan berbagai bisnis kreatif bebrbasis internet yang semakin beragam. Kita ambil contoh perkembangan ponsel yang melahirkan berbagai inovasi smartphone membuat terciptanya sistem ponsel yang disebut m-Business(Mobile Business). Pada sistem ponsel,akses telepon dapat dilakukan tanpa kabel yang sekarang semakin maju memungkinkan akses internet melalui ponsel yang membuat masyarakat dapat mengakses internet kapan saja dan dimana saja yang cukup berdampak pada iklim kerja dan iklim bisnis. Dengan perkembangan teknologi konsep e-business dapat dilakukan di lebih banyak media ,diwaktu kapan saja dan ditempat mana saja.
Dari pembahasaan di atas kami juga menulis manfaat e-Business bagi perusahaan, disini kami mengambil contoh PT. SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk
Manfaat penerapan e-Business di perusahaan ini antara lain adalahh :
Bagi para investor
Baik inverstor lama maupun investor yang akan bergabung, dapat memperoleh informasi yang sangat penting. Melalui laporan tahunan dan hasil kuartalan, investor dapat mengetahui bagaimana kinerja perusahaan. Informasi-informasi dan pengumuman lainnya yang dimuat akan memberikan sinyal kepada investor untuk mengambil keputusan. Informasi-informasi seperti ini dapat diakses secara cepat oleh investor. Hal ini tentunya akan mempersingkat jarak dan waktu yang dibutuhkan investor dalam mengambil keputusan untuk bergabung atau malah menarik investasinya. Namun, keterbatasan yang akan dihadapi oleh para investor adalah ketika mereka mengandalkan situs ini, sementara informasi tersebut belum dimuat di dalam situs atau situs belum di update. Adanya situs ini memberi keuntungan bagi perusahaan ketika informasi-informasi yang dimuat memberikan sinyal positif kepada investor. Sehingga investor baru yang sebelumnya belum mengetahui perusahaan terkait menjadi tertarik untuk menanamkan modalnya. Sebaliknya, perusahaan akan sulit menutupi sinyal buruk yang ditangkap investor atas perusahaan.
Bagi para konsumen
Konsumen tentunya tidak terlalu tertarik dengan informasi-informasi keuangan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan memberikan kolom khusus bagi konsumen untuk mengetahui berbagai produk yang ditawarkan. Melalui situs ini, konsumen semakin dapat mengenal produk-produk yang ditawarkan perusahaan. Kemudian mengetahui lebih dalam mengenai keunggulan-keunggulan yang dimiliki produk tersebut. Selain itu, para konsumen juga disuguhkan berbagai resep masakan yang dapat dibuat menggunakan produk yang ditawarkan sehingga mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut. Hal ini akan memberi keuntungan bagi perusahaan. Dapat dikatakan pula situs ini menjadi sarana promosi terhadap konsumen. Ketika konsumen mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh produk tertentu dari perusahaan, mereka mulai berfikir untuk berpindah menggunakan produk tersebut. Tidak hanya sebatas ini yang akan diperoleh perusahaan. Efek domino yang akan diterima perusahaanlah yang menjadi tujuan. Pada saat satu orang konsumen mengetahui kelebihan satu produk, kemudian menggunakan produk tersebut, ia akan menyebarkan keunggulan produk tersebut kepada orang lain. Kemudian mempengaruhi orang lain untuk turut menggunakan produk tersebut. Dengan demikian, secara tidak langsung sarana promosi yang seperti ini akan meningkatkan penjualan perusahaan.
Bagi para pencari kerja
Para pencari kerja dapat memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan di PT. SMART, Tbk. Para pencari kerja yang berminat dapat mendaftarkan diri secara online melalui situs ini. Hal ini memudahkan para pencari kerja dalam hal pengiriman suratlamaran yang hemat dan cepat, serta lebih terjamin. Bagi perusahaan juga merupakan kemudahan untuk mendata para pelamar yang telah masuk secara online di komputer tanpa harus meng-entry data pelamar. Dengan demikian dapat mempercepat proses administrasi.
Sampai pada bagian ini, penerapan e-bisnis (situs/website) terlihat memberikan dampak positif atau keuntungan yang lebih bagi perusahaan. Meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan penjualan, secara tidak langsung dapat meningkatkan investasi (modal) pada perusahaan, merupakan beberapa keuntungan yang dapat diraih PT. SMART, Tbk melalui situs ini. Namun demikian, perlu diketahui pula bagaimana pengaruh penerapan e-bisnis ini dari segi keuangan/financial perusahaan selain pada penjualan. Apa saja keuntungan yang akan diperoleh PT. SMART, Tbk, dan apa pula konsekuensi yang harus ditanggung akibat penerapan e-bisnis ini.
Penerapan e-bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi jaringan dan komunikasi tentunya memberikan dampak yang sangat besar bagi perusahaan dalam hal meningkatkan penjualan dan beberapa hal lain yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa penerapan suatu teknologi informasi yang mutakhir memerlukan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Apabila biaya yang harus dikeluarkan demi teknologi ini tidak sebanding dengan keuntungan kompetitif yang akan diraup perusahaan, maka penerapan teknologi ini tidak akan efisien atau bahkan dapat menyebabkan kerugian. Berikut ini analisis kebermanfaatan penerapan e-bisnis pada PT. SMART, Tbk dilihat dari laporan keuangan tahun sebelum penerapan e-bisnis (2004) dan tahun 2005 setelah penerapan e-bisnis -dengan membuka situs/website. Pada tahun 2004, biaya penjualan, termasuk biaya promosi dan iklan sebesar Rp 128.207.022.143. Sementara pada tahun 2005 biaya ini menjadi lebih besar, salah satunya dimungkinkan karena adanya penerapan e-bisnis (website) ini. Biaya ini naik sebesar Rp 65.829.411.172 menjadi Rp 194.036.433.315. Dilihat dari laba yang diperoleh, tahun 2004 perusahaan memperoleh laba usaha sebesar Rp 283.395.386.692, kemudian tahun 2005, laba usaha naik menjadi Rp 424.969.872.324. Keuntungan dari penerapan e-bisnis ini mungkin juga memberi kontribusi tertentu dari kenaikan laba usaha sebesar Rp 141.574.485.632. Dari uraian di atas, dapat diamati beberapa point mengenai manfaat yang dapat diperoleh dan kerugian yang mungkin diderita dari penerapan e-bisnis pada PT. SMART, Tbk, antara lain sebagai berikut:
Manfaat :
a. Lebih dikenalnya perusahaan ini di kalangan masyarakat yang akhirnya dapat memperluas pangsa pasar perusahaan (sarana promosi).
b. Adanya peningkatan citra perusahaan di mata pasar.
c. Terbukanya kesempatan untuk memperoleh investor lain, selain meningkatkan kepercayaan investor lama.
d. Timbulnya sikap kecintaan produk dan loyalitas dari konsumen, yang berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan akibat efek domino dari promosi yang dilakukan melalui website.
e. Perusahaan dapat menyampaikan berbagai informasi kepada semua pihak yang berkepentingan dengan cepat, tepat dan efisien.
f. Perusahaan memperoleh kemudahan dalam proses rekruitmen karyawan.
Kerugian:
a. Adanya penambahan biaya operasional untuk menjalankan teknologi ini.
b. Dapat terjadi missed-communication antara manajemen perusahaan dan investor akibat kurangnya hubungan secara langsung.
c. Jika terjadi kesalahan yang telah dimuat di media ini, akan sulit untuk memperbaikinya, karena hal ini dengan sangat cepat tersebar kepada setiap pembaca.
d. Perusahaan mau tidak mau harus membuka semua informasi melalui media ini. Dengan demikian, perusahaan tidak dapat menutup-nutupi keadaan bahkan yang kurang baik dalam diri perusahaan. Hal ini akan memberi sinyal negatif bagi investor atau pihak lain.
DAFTAR PUSTAKA
Romney, Marshall B. 2006. Accounting Information System. Jakarta : Salemba Empat.
WebFinanceInc.com
www.smart-tbk.com
www.wikipedia.com
after a broad deļ¬nition of e-commerce transactions (OECD 2001)
Atrostic, Gates, dan Jarmin 2000
Sutedjo Dharma Budi, S.Kom., MM
0 komentar:
Posting Komentar